What are you looking for?

Wednesday, May 24, 2017

What acne type are you?

Wajah kamu sensitif jerawat? Naik ojek bentar, timbul beruntusan. Tidur di kasur orang semalem, muncul jerawat. Lagi mens, jerawat muncul dua dan gede gede banget. Kalau para petani sih pasti seneng padinya tumbuh subur. Lah kalau jerawat yang tumbuh subur? Mati... mati....

Nah tahu kah kamu kalau jerawat itu ada jenisnya. Bahasa sehari-hari sih nyebutnya jerawat batu, jerawat nasi, beruntusan, terus apa lagi ya? Haha. Jerawat batu yang susah banget dipecahin dan kalau dipegang sakit. Bahkan sakitnya sampai di bagian-bagian sekitar jerawat. Kalau jerawat nasi itu yang ada putih-putihnya dan gampang dipecahin. Kalau beruntusan itu jerawat yang kompak karena ramai-ramai muncul bersamaan di satu bagian wajah (paling sering jidat). Nah bagaimana jerawat dipandang di dunia internasional?

Terdapat 5 jenis jerawat, dilansir dari www.acne.com :

1. Whiteheads

Ini yang kita sebut jerawat nasi tadi. Ukurannya tidak besar. Sebenarnya jerawat ini terjadi karena pori-pori wajah kalian tertutup oleh sebum dan sel kulit mati. Oh iya, sebum itu sebenarnya adalah minyak. Ingat ya sebetulnya muncul jerawat ini karena kebanyakan sebum. Kulit wajah kita tetap butuh sebum sebagai nutrisi.

2. Blackheads

Kalian pasti tidak asing lagi dengan istilah komedo. Yap! Blackheads is comedo. Jika pori-pori wajah dan hidung kalian terutupi warna hitam, itu lah blackheads. Blackheads ini sebenarnya kotoran di dalam pori-pori yang teroksidasi, makanya jerawat tipe ini warnanya hitam.

3. Papules

Papules merupakan tahap sebelum whiteheads. Sepertinya papules lah yang disebut sebagai jerawat batu. Ukurannya besar membengkak dan kemerahan. Hal ini disebabkan adanya bakteri, selain sebum dan sel kulit mati. Jika sudah tidak bengkak, bisa muncul putih-putih sehingga mudah untuk dipecahkan.

4. Pustuls

Nah jerawat ini mirip whiteheads, tapi isinya "pus", yaitu cairan putih kekuningan. Beda dengan whiteheads yang isinya putih, keras, dan ukurannya kecil. Bisa dibilang ini jerawat batu karena dia besar dan sakit jika disentuh. Nah kalau jerawat tipe ini kalian pecahkan akan menimbulkan bekas jerawat. Lebih baik menunggu sampai terlihat whiteheads.

5. Nodules, Cysts, and Acne conglobata

Jika jerawat kalian tidak mengalami perubahan dan menetap di wajah kalian selama berbulan-bulan, mungkin kalian mengalami nodules, cysts, dan acne conglobata. Ini tipe jerawat yang paling parah dan sulit hilang. Jika tidak ditangani dengan benar maka akan menimbulkan kerusakan kulit wajah permanen. Lebih baik segera konsultasikan ke dokter.

Nah di sini aku sekalian mau mereview dan first impression dari 2 produk penanganan jerawat.

1. Review Benzolac 2 1/2% (setelah 4 bulan pemakaian)









It is like a holy grail. Lebay sih, tapi ini cukup bisa menangani jerawatku. Jika papules dan pustules yang muncul, aku oles tipis Benzolac setelah cuci muka. Selama 2-3 hari, jerawat tersebut akan kering dan muncul whiteheads sehingga mudah dipecahkan. Benzolac ini juga membantu menghilangkan luka bekas pemecahan jerawat. Sama cara pemakaiannya dioleskan tipis-tipis pada luka. Luka bisa mengempes dalam 1 hari dan bekas luka bisa hilang atau tersamarkan dalam waktu satu minggu.

Oh iya aku tipe yang susah banget menghilangkan bekas luka, jadi Benzolac ini sangat membantu. Yang menguntungkan lagi, harganya cuma 18 ribu. Aku pakai setiap hari dan selama 4 bulan ini belum habis (tapi akan segera habis karena tinggal sedikit). Anyway, ini dosis paling rendah dari Benzolac, masih ada 3 varian lainnya. Side effectnya, bikin daerah jerawat sedikit mengelupas. Makanya pemakaian jangan banyak-banyak.

2. First impression COSRX Acne Pad











Produk korea ini menarik sekali. Seperti hansaplast berbentuk lingkaran untuk meredakan jerawat. Cara pemakaiannya ditempelkan pada bagian yang berjerawat dan diamkan sampai warnanya berubah menjadi pudar. Nah lebih enak jika dipakai sebelum tidur karena warna pad sudah akan memudar saat kita bangun di pagi hari. Sepertinya pad ini perlu dipakai berkali-kali karena aku coba sekali pada papules dan bekas whiteheads, perubahan yang terjadi tidak signifikan. Papules hanya sedikit mengempes tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda akan berubah menjadi whiteheads. Bekas whiteheads pun masih merah walaupun sedikit mengempes. Berhubung produk ini milik temanku jadi aku hanya bisa first impression dan tidak bisa mereviewnya :p

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment