What are you looking for?

Kaki Lembu Donggala

Kaki Lembu Donggala merupakan kepanjangan dari Kaledo. Kaledo merupakan makanan khas Sulawesi Tengah khususnya masyarakat donggala. Banyak restoran di kota Palu yang menyediakan masakan kaledo ini. Makanan ini mirip dengan sup buntut. Bedanya kaledo merupakan tulang dari kaki lembu dan disajikan lebih nikmat dengan singkong rebus. Tulang kaledo merupakan ruas tulang lutut yang masih penuh dengan sum-sum. Kaledo merupakan kata dari Bahasa Kaili, bahasa penduduk Palu. Ka artinya Keras, sedangkan Ledo artinya Tidak, sehingga kaledo dapat dimaknai "tidak keras".

Saya mencoba kaledo di suatu restoran bernama Kaledo Stereo. Katanya dinamai stereo, karena kaledo dimakan dengan dua tangan. Kaledo Stereo terletak di Jl. Diponegoro, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94221.

Restoran ini buka dari jam 9-22. Harga 1 kaledo yaitu 55.000.
Kaledo Stereo
Sayangnya saya makan kaledo pake nasi. Nggak apa lah berarti memang harus ke Palu lagi. Kaledo disajikan dengan sedotan untuk menyedot sumsum langsung dari tulangnya. Terdapat pisau juga untuk memotong daging yang masih menempel pada tulang. Boleh ditambahkan jeruk nipis biar segar.

Rasa kuahnya pedas rawit. Kaldu sapinya benar-benar mantap. Dagingnya terasa empuk dan bumbunya meresap. Di kaledo, kita dapet semua. Ada daging, kikil, sampe lemak! Nggak pengen berhenti juga untuk menghirup kuah kaledo yang gurih. Enak kayanya kalo dijadiin kuah bakso. Disediain juga sambel ijo rawit kalo kamu juara pedes!

Sayangnya saya nggak dapet sumsum yang banyak. Oh iya biar gampang nyedot sumsumnya, masukin dulu kuah ke dalam tulang, baru lah disedot dengan sedotan. Patut dicoba!

Di sini juga disediain kaledo tanpa tulang kalo kamu males motong sendiri dagingnya. Harganya Rp 30.000.

Btw saya beli es kelapa. Disini es kelapanya di tambahin jeruk nipis. Mungkin biar makin seger.

Kalo kamu mampir ke Palu, kamu wajib banget makan kaledo!

No comments:

Post a Comment