What are you looking for?

Danau Poso, danau ketiga terbesar di Indonesia

Tiga danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Danau Towuti (Sulawesi Selatan), dan Danau Poso (Sulawesi Tengah). Beruntunglah saya pernah ke Danau Poso, danau ketiga terbesar se-Indonesia.

Memang benar-benar luas. Awalnya saya kira laut. Tapi warna di tepian danau hijau seperti air tawar walaupun di tengah danau tampak kebiruan. Banyak tanaman liar tumbuh di danau.  Danau Poso memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km.

Danau ini terletak pada ketinggian 657  m dengan pasir putih dan pasir kuning yang semakin mempercantik danau. Di danau ini, kamu bisa memancing beberapa ikan seperti Ikan Mujair, Nilam, Lele, Ikan Mas dsb. Tetapi yang paling unik adalah Ikan Sugili. Panjang ikan sugili bisa mencapai 2m! Ikan ini endemik Danau Poso.
Banyak tumbuhan liar tampak pada danau
Danau dikelilingi bukit dan di tepi danau tumbuh rumput
Tidak dipungut biaya apa-apa jika kamu berkunjung kesini. Ya tapi memang tidak ada apa-apa. Seperti bukan tempat wisata. Tidak ada warung jajan atau pun wc umum. Ada sih peninggalan wc umum tp sekelilingnya sudah ditumbuhi tanaman, nggak mungkin dipakai.

Ada juga beberapa rumah adat sulawesi, namun sayang sekali rumah-rumah ini kurang perawatan. Beberapa anak kecil terlihat bermain di sebuah aula rumah adat.
Beberapa rumah adat yang tidak terawat
Banyak sapi juga di sini, mungkin para peternak senang karena banyak rumput hijau tumbuh di sekitar danau.
Ibu dan anak sapi di pinggir danau
Masyarakat Poso, khususnya nelayan yang mencari ikan pada malam hari sering melihat "Lampu Danau". Lampu yang dimaksud disini berupa cahaya misterius yang muncul di permukaan danau. Dipercaya bahwa cahaya ini berasal dari naga penghuni danau.

Jadi mau lihat Danau Poso atau Lampu Danaunya?

For further information go visit https://id.m.wikipedia.org/wiki/Danau_Poso

No comments:

Post a Comment