What are you looking for?

Cahaya Surga Tanjung Pendam

Pertama-tama, lo harus tau dulu apa itu cahaya surga. Bukan cahaya surga beneran, tapi ini merupakan sebuah konotasi untuk cahaya yang berusaha menembus penghalang di depannya dalam suasana gelap. Kalo masih bingung, coba search cahaya surga Goa Pindul atau cahaya surga Goa Jomblang. Bisa ngebayangin kan gimana indahnya cahaya surga?

Gue pun belum pernah ke goa yang ada cahaya surganya. Tapi setelah tau definisi dari cahaya surga, gue bisa nemuin itu dimana aja. Gak harus selalu di goa.

Ini cahaya surga pertama yang gue lihat seumur hidup gue. Gue nemuin ini di Pantai Tanjung Pendam, Belitung. Awalnya memang gue nungguin sunset yang katanya memang bagus dari pantai ini. Tapi karena memang sudah memasuki musim hujan, jadi makin sulit buat lihat sunset.

Cahaya surga di Pantai Tanjung Pendam


Ternyata lo disambut cahaya yang jatuh langsung ke horizon laut biru. Menurut gue, cahaya surga ini lebih bagus dari yang di goa-goa. Lo bisa lihat perpaduan warna biru laut, dengan oranye cahaya matahari yang semakin lama semakin pekat.  Lo bisa lihat pemandangan ini selama beberapa menit sebelum malam tiba. Kalo lo nanya warna favorit, ini warna favorit gue.

FYI, Pantai Tanjung Pendam ini sekitar 10 menit dari pusat kota Belitung yaitu Tanjung Pandan. Biaya retribusi hanya sebesar Rp 3.000,00. Kalo lo nginep di Hotel Harlika Jaya (lokasi tepat di depan pantai ini) bisa masuk ke pantai tanpa retribusi. Di sekitar pantai terdapat cukup banyak warung dan café kecil. Setiap malam minggu, masing-masing café ramai dengan live performance.  Terdapat juga taman bermain untuk wahana bermain anak-anak.

BTW, pantai ini tidak bisa dibuat berenang. Namanya saja Tanjung Pendam, pasirnya akan memendam kaki kita. Pasir disini bersifat menghisap karena dulu pantai ini merupakan daerah pertambangan. Jauh dari pusat jajanan, terdapat beberapa perahu seperti pelabuhan kecil. Walaupun pelabuhan, kebersihannya tetap terjaga dan warna lautnya tetap biru. Anehnya, pantai ini tidak menunjukkan ciri khas pantai di Belitung yaitu dengan batu-batu besarnya. Disini tidak terdapat batu besar.

Tidak ditemukan batu-batu besar di sepanjang pesisir pantai

Pelabuhan kecil Pantai Tanjung Pendam

No comments:

Post a Comment