What are you looking for?

Wednesday, February 17, 2016

Posisi tangan saat menulis ternyata cerminan kerja otak!

Tahukah kamu bahwa posisi tangan saat menulis pada setiap orang berbeda-beda?

Mungkin ini hal sepele buat sebagian orang. Tapi dari memperhatikan hal yang sepele, justru banyak hal besar yang dapat terungkap. Apa saja posisi tangan saat menulis?

Pertama yaitu non-inverted. Posisi ujung pulpen yang dipegang menghadap ke depan. Telapak tangan sejajar dengan lengan.
Non-inverted, tangan jauh (sedikit diangkat) dari ujung pulpen
Kedua yaitu inverted.  Posisi ujung pulpen berada di samping atau bahkan di belakang tangan. Biasanya diiringi dengan posisi telapak tangan menghadap ke dalam atau sampai ditekuk, sehingga tidak tegak lurus dengan lengan.
Inverted, tangan dekat dari ujung pulpen
Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi posisi tangan saat menulis salah satunya yaitu posisi tangan saat memegang pulpen (dekan dengan ujung pulpen atau jauh dari ujung pulpen?)
Biasanya, orang yang menulis dengan cara non-inverted akan memegang pulpen jauh dari ujung pulpen, dan tulisannya tidak begitu rapih. Umumnya laki-laki yang menggunakan posisi non-inverted ini.

Kebalikan dari non-inverted, inverted merupakan posisi yang umumnya dilakukan oleh perempuan. Biasanya tulisannya lebih rapih karena mereka memegang pulpen dekat dengan ujung pulpen. Semakin dekat dengan ujung pulpen maka kontrol terhadap tulisan sepertinya akan semakin baik.

Ternyata posisi tangan ini berkaitan dengan lateralisasi bahasa pada otak kita. Lateralisasi itu pembagian tugas pada otak menjadi otak kanan dan otak kiri. Otak memproses bahasa pada otak kiri, tepatnya pada area Broca.

Jika kamu tidak kidal non-iverted atau kidal inverted, maka lateralisasi bahasa kamu memang di otak kiri. Pembagian lateralisasi otak juga jelas.
Jika kamu tidak kidal inverted atau kidal non-inverted, maka lateralisasi bahasa kamu diduga berada di otak kanan. Dan jika kamu perempuan, pembagian lateralisasi otak kamu tidak begitu  pasti. Mungkin yang dimaksudkan di sini pembagian tugas antara otak kanan dan kiri tidak jelas jadi bisa dilakukan oleh kedua bagian otak.


Seru kan? Jika mau tahu secara ilmiahnya, bacalah Jurnal Variations in Writing Posture and Cerebral Organization oleh JERRE LEVY dan MARYLOU REID di Jurnal Science tahun 1976.

2 comments:

  1. aku inverted, tidak kidal, dan perempuan. Jadi aku nggak pasti dong mbakkk??? Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti saya mbak :D justru bukannya tidak pasti. Yang saya tangkap dari bacaan yaitu pembagian tugas di antara kedua belah otak lebih baik dibandingkan orang-orang biasanya. Hal ini mungkin saja mempercepat kinerja otak :)

      Delete