What are you looking for?

Museum Kata Andrea Hirata

Siapa yang tak kenal Andrea Hirata? Pengarang novel Laskar Pelangi ini berhasil mendirikan sebuah museum kata di Belitung, tepatnya di Jalan Laskar Pelangi, Gantong, Belitung Timur. Museum ini didirikan sejak awal tahun 2010 dan semakin berkembang baik seiring berjalannya waktu.

Museum ini merupakan satu-satunya museum kata di Indonesia. Tak heran jika jenis museum ini masih terdengar asing bagi penduduk Indonesia. Museum terlihat berwarna-warni dan sangat unik. Terdapat beberapa sepeda digantung dan ada patung Gulliver berbaring di rerumputan. Batu-batu di halaman depan museum pun di cat berwarna-warni, mengingatkan kita kepada beragamnya laskar pelangi.
Halaman depan museum
Museum ini tidak memungut biaya retribusi bagi pengunjung. Di dekat pintu masuk, disediakan kotak untuk pengunjung jika ingin menyumbang seikhlasnya. Museum ini benar-benar dikelola oleh Andrea Hirata dengan hasil keringatnya sendiri. Beliau mempekerjakan orang lokal untuk mengurus museum. Bahkan di dalam museum ini terdapat sekolah gratis untuk anak-anak Belitung. Uniknya, kelas yang dipakai untuk mereka sekolah mirip dengan kelas dalam film Laskar Pelangi, baik interiornya maupun bangunannya.

Begitu lah museum kata, pastinya kita akan disambut oleh ribuan kata-kata indah dari berbagai penjuru dunia. Terdapat quote-quote tokoh terkenal, dan tentunya, karya-karya Andrea Hirata, baik yang sudah diterbitkan maupun yang belum diterbitkan. Tidak hanya di dinding, di lantai pun terdapat berbagai macam kata.
Salah satu sudut museum dengan seluruh edisi Laskar Pelangi
Quote Andrea Hirata
Quote Andrea Hirata
Musuem kata ini menyediakan tempat untuk kita membaca. Tempatnya sepi dan cukup luas. Bahkan ada panggung kecil yang biasa digunakan untuk Jamming jika ada event tertentu. Ada pula dapur yang sudah disulap menjadi kedai kopi yang bernama Warkop Kupi Kuli. Warkop ini menyediakan kopi dan juga berbagai cemilan khas Belitung. Tepat di samping warkop ini ada kantor pos. Kamu bisa berkirim surat ke teman-temanmu di seluruh dunia dari kantor ini, tentunya dengan perangko asli Belitung.
Salah satu sudut baca museum
Salah satu sudut ruang dengan berbagai macam karya Andrea Hirata
Salah satu sudut ruang dengan quote tokoh-tokoh terkenal
Jika kalian tertarik dengan dunia sastra dan keunikan Belitung, jangan ragu untuk berkunjung kesini! Buku merupakan jendela dunia, maka mengapa kamu perlu repot-repot membuktikannya?

Please visit http://www.museumkataandreahirata.com/ for further information.

2 comments:

  1. film ini memang sangat fenomenal dan sukses, hingga bisa dibikin museum ya mbak..
    anak2 harus sekolah dan semangat setinggi langit.. :) u/ meraih cita2..
    liat museum ini pasti semangat untuk belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, semoga museum ini bisa berkembang pesat dan lebih banyak wisatawan yang tertarik datang kesini. semoga pemerintah setempat juga mendukung perkembangnya museum ini :)

      Delete