What are you looking for?

Email horor

1. Dosen selalu benar
2. Jika dosen salah, kembali ke peraturan nomor 1.

Begitulah lika-liku kehidupan mahasiswa yang sering "dizolimi" dosen. Mulai dari hal kecil seperti sms tidak direspon, sampai draft skripsi yang tak kunjung direvisi. Pahit manis bersama dosen udah gue alami selama 4 tahun, dan akan berjalan kurang lebih 4 tahun lagi. Tapi pengalaman yang satu ini yang paling horor.

Bulan Januari kemaren gue penelitian di Flores. Karena profesor gue dari Perancis cuma punya 2 minggu di Indonesia, gue terpaksa gak ikut ujian salah satu mata kuliah karena udah harus ke Flores. Sebenernya si gue udah minta ujian duluan sama dosen yang bersangkutan, tapi beliau bilang setelah gue penelitian aja ujiannya. Nanti status mata kuliah gue BL (belum lulus). Baiklah, gue bisa konsen penelitian.

Suatu hari gue dapet email horor kaya gini
Terus gue baru baca jam 10 WITA. Dimana waktu itu memang hari minggu, tapi gue tetep lagi cari responden keliling Flores. Gue biasa sampe hotel baru jam 18.00 WITA. Belum gue harus analisis data yang didapet hari itu sama profesor gue. Belum gue harus cari dulu jurnal yang dimaksud. Belum harus terjemahin dulu. Gak bakalan kelar jam 20.00 WIB juga. Malah ini ujian bukan sekedar tugas. Mati aja kan.

Sempet pengen diem-diem aja terus nanti telat ngumpulin. Tapi gue tau ini dosen tipe yang tertib, telat dikit lo udah super minus di mata beliau. Galau kan. Gue coba memberanikan diri meminta tambahan waktu ke beliau. Toh gue emang bener dalam kondisi yang gak bisa ngerjain ujian itu dalam waktu 12 jam karena alasan akademis. Gue ngetik ngapus ngetik ngapus biar bisa dapet bahasa yang sopan. Beginilah kira-kira.

Untungnya beliau mengerti dan memberikan tanbahan waktu sampe besok paginya. Seengganya dengan begini, gue bisa begadang ngerjain ujian susulan ini. Walaupun gue pasrah banget hasilnya kaya apa. Tapi beliau membalas email gue yang berisi ujian susulan itu.

Pesen gue, apapun masalah lo, apa pun kondisi lo, lo kasih tau segera ke dosen itu. Jangan lupa dengan bahasa yang sopan dan nggak maksa. Jangan kabur, atau menyalahi aturan yang udah dikasih, nanti malah pasti makin ribet. Yang rugi siapa?

Face your problem, and the good will come.


No comments:

Post a Comment