What are you looking for?

English is never enough

Sudah menjadi hal biasa kalo kamu jago bahasa inggris. Gue rasa itu udah kewajiban dimana sekarang udah masuk era globalisasi. Tapi apa lo mau gitu-gitu aja? Gak mau jago bahasa selain inggris?

Les bahasa emang nggak murah. Jujur, kalo beli buku dan kamusnya aja, bakalan lupa buat dipelajarin kalo nggak ada mentornya. Bakalan berdebu tuh buku di sudut kamar. Terus gimana ya biar kita bisa improve kemampuan bahasa kita?

Bagi lo yang pake android, bisa download "Duolingo" di play store lo secara free. Sepertinya aplikasi ini juga ada untuk iOS dan windows. Please check. I want to know too.

Apa sih Duolingo itu?
Ini merupakan aplikasi yang akan mengajarkan kita bahasa asing selain bahasa inggris. Disini kita akan diingatkan setiap harinya untuk latihan dengan notification tersendiri. Terus berbagai bahasa tersedia di sini. Dari mandarin sampe perancis pun ada. Kalo gue lagi intens pelajari bahasa perancis setiap harinya. Bisa pilih pelajari bahasa lebih dari satu jenis kok.
Ini tampilan menu untuk bab yang sudah dipelajari. Tiap bab punya strength bar, jadi kalo strength bar udah berkurang, tandanya kita harus latihan bab itu lagi. Kenapa? Karena pasti kita udah lupa sama apa yang dipelajari di bab itu.


Tadinya gue sekalian belajar bahasa itali. Tapi waktunya gak cukup. Jadi sekarang konsen ke bahasa perancis. Baru fluent 18%. Bisa lagi nambah course bahasa lain.
Ini tampilan profile kita. Kita bisa follow teman kita yang pake Duolingo juga dan saling tahu bagaimana perkembangan pembelajaran bahasa kita.
Ini tampilan bab yang belum dipelajari. Bab yang dipelajari berurutan sehingga nggak bisa masuk ke level yang ini. Harus berurutan karena makin tinggi level akan melibatkan bab-bab sebelumnya. Kaya main game aja.
Ini tampilan linglot kita. Linglot semacam gem gitu sebagai bonus setiap kita selesai suatu level. Kalo linglotnya udah banyak bisa beli feature-feature yang bisa membantu kita mendalami bahasa lebih baik lagi.
Tiap bab juga ada sub-babnya. Nah bab yang berwarna bisa dipelajari, disini berarti feeling dan posses. 3 berada ditingkat kesulitan yang sama.
Subbabnya juga harus dikerjain berurutan. Jadi harus mulai dari lesson 1 dulu baru bisa ke lesson 2. Test out ibaratnya kaya ulangan untuk setiap bab. Jadi review dari lesson 1-9 untuk bab feeling ini.
Salah satu contoh soal. Setiap soal ada suara yang membacakan kalimat soal. Jadi biar kita familiar sama aksen bahasanya. Dalam kasus ini, 
Contoh kalo jawaban kita salah. Bakalan dikasih tau apa jawaban yang bener. Terus poin kita bakal berkurang kalo jawaban kita salah. Ini menuntut kita biar gak salah dan mencapai poin 100 untuk menyelesaikan 1 subbab.
Ini contoh soal untuk mengartikan soal. Tapi disini kita harus mengetik sendiri jawabannya.
Kalo yang ini, kita harus masang-masangin setiap kata dengan terjemahan bahasa inggrisnya.
Kalo ini kita menerjemahkan bahasa inggris ke bahasa yang kita pelajari. Lihat garis hijau di atas. Garis hijau sudah hampir sampe finish berarti subbab sudah mau selesai.
Ini tampilan kalo kita udah selesein 1 subbab. Di sini gue pasang target sehari harus ngerjain 2 subbab. Bisa disetting sehari sampe 5 subbab.
Ketinggalan! Ini 1 contoh soal terakhir. Pilih terjemahan kalimat. Sebenernya masih ada 1 tipe soal lagi yaitu kita mengucapkan kalimat soal. Tapi gue setting off dulu karena gue sering belajar Duolingo di tempat ramai. 
Nah gimana? Udah ada aplikasi sepraktis ini kita masih juga males? No pain no gain, dude!

No comments:

Post a Comment